Powered by Blogger

15 Mei 2009

Membuat layout rangkaian dengan EAGLE

Saat ini membuat layout rangakaian yang akan di tempatkan di PCB tidaklah sulit. Banyak sekali tool yang bisa kita gunakan dalam pembuatan layout PCB, seperti EAGLE, PCB designer, orCAD ataupun yang lainya.

Dalam artikel ini saya akan mencoba membuat lay out PCB dengan bantuan tool EAGLE. mengapa saya memakai EAGLE? mungkin dari banyak pembaca menanyakan ini. Karena EAGLE menurut saya mudah digunakan untuk saat ini dibandingkan dengan tool yang lain, dan tidak bisa dipungkiri ini juga masalah kebiasaan. Jadi tak menuntut anda untuk menggunakan tool yang ini, jadi gunakan saja tool yang menurut anda yang paling mudah.

  • Oke tak usah berlama-lama untuk memulainya. so apa saja yang harus dipersiapkann untuk membuat layout rangkaian ini.Kita siapkan saja software EAGLEnya dan masuk ke aplikasinya...
  • lalu masuk Project - Eagle terus klik kanan di eagle pilih new project. Beri nama project tersebut. Lalu klik kanan project yang anda namai tersebut, langsung pilih scematic. so anda akan mendapat layout baru untuk membuat rangkaian yang anda akan buat.
  • Sekarang anda siap untuk membuat rangkaianya. Disini saya akan membuat power suplai sederhana, dapat dilihat dibawah ini.
  • buat rangkaian tersebut, setelah selesai, anda lihat bagian atas gambar, setelah itu pilih tombol board. dan anda akan menuju layout board.
  • tata letak komponennya lalu pilih tool-auto-1top-pilih yang N/A. dan lihat hasilnya, kalaupun kurang menarik anda bisa menatanya ulang.
  • Anda juga dapat mendownloadnya untuk scematic dan board disini. nantikan untuk artikel EAGLE selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar